MUSTIKARASA: NASI GORENG

Resep ini meruapakan salah satu yang paling populer diantara ribuan resep Mustikarasa. Hanya terdapat satu resep Nasi Goreng dalam buku ini, namun pada bagian bawah telah disebutkan, bahwa sisa-sisa makanan seperti daging sapi maupun ayam dapat dicampurkan dalam masakan ini. Kondisi tersebut seolah menyatakan bahwa Nasi Goreng adalah elementer, sebuah “blank” aliment, sebuah tabula rasa.  Itulah mengapa selalu tepat mencampurkan nasi goreng dengan apapun, dari daging-daging merah hingga sayur-mayur hijau.

Tetapi menurut hemat saya. sebagai buku pandunan masakan (sekaligus pangan) Indonesia, Mustikarasa seharusnya menempatkan variasi Nasi Goreng secara lebih komperhensif. Nasi Goreng secara etimologis sudah memposisikan dirinya sebagai “alternatif pangan”, memanfaatkan semua bahan makanan sisa dan tidak layak menjadi sebuah fōrma baru. Jika tujuan dari Mustikarasa adalah memperkenalkan varian alternatif tersebut bagi rakyat, dan dengan pemahaman realitas kemiskinan yang masih masif melanda Indonesia kala itu (sehingga diperukan varian masakan yang tidak hanya enak, melainkan terjangkau), idealnya resep Nasi Goreng Jagung, Nasi Goreng Kelapa (sejenis Ulam) maupun Nasi Goreng Kunyit yang sudah dikenal baik di kawasan Jawa Tengah sejak medio abad ke-20, juga layak di inventasirir dalam Mustikarasa. Namun resep ini setidaknya telah memantapkan resep Nasi Goreng versi Indonesia yang cukup khas dan distingtif, berikut adalah resep  Nasi Goreng:


Bahan-Bahan:

  • Nasi (2 piring)
  • Telur (1 butir)
  • Ketimun (1 buah)
  • Tomat (1 buah)

Bumbu-Bumbu:

  • Bawang Merah (5 buah)
  • Bawang Putih (2 siung)
  • Lombok Merah (3 buah)
  • Terasi (1 sdt.)
  • Garam (1/2 sdt.)
  • Ketjap (1 sdm.)

Tjara Membuatnja:

  1. Telur didadar, diiris halus
  2. Ketimun, tomat diiris tipis-tipis
  3. Bawang merah diiris halus
  4. Lombok, bawang putih, terasi, garam digiling
  5. Bumbu-bumbu digoreng, dimasukkan nasinja dan ketjap, aduk rata
  6. Hidangkan dihias dengan telur, tomat, ketimun

Keterangan:

Sisa makanan seperti sisa bestik, ajam goreng, udang, dll. dapat ditjampurkan setelah di potong-potong persegi ketjil.


CATATAN:

  • Resep tidak mengalami perubahan dari buku resep Mustika Rasa (2016; Hal. 192), hanya perubahan kecil pada penomoroan dan tanda baca, sehingga tidak mengubah fonem maupun makna tulisan dalam resep
  • Rasa yang dimunculkan dengan komposisi resep tersebut cenderung pedas, selain itu dari aspek warna pun masih kurang gelap, sehingga jika diinginkan dapat diimbangkan dengan penambahan kecap manis (sekitar 1 s.d 2 sdm.)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s